Quick Commerce : Model Bisnis Yang Das Des Sat Set

Mencermati dunia belanja online, saya melihat ada pergerakan customer demand dalam hal delivery. Kita jadi semakin ngga sabaran nungguin kapan barang yang kita pesan bisa kita terima. Kalau dulu belanja online kita masih ok kalau dikirim 2-3 hari, kemudian berubah menjadi next day delivery, terus sekarang ini kita jadi pengen kalau bisa dikirim di hari yang sama. Apalagi kalau untuk kebutuhan sehari hari, kita pengennya begitu klik langsung sampai. Pokoknya maunya das des sat set gitu.

“Das Des Sat Set” adalah ungkapan bahasa jawa yang artinya cepat, langsung action, bergerak, gak pake lama.

Fenomena Quick Commerce

Mungkin melihat pola customer yg pengen semakin cepat inilah belakangan ini muncul business model quick commerce. Inilah era berikutnya dari e-commerce, setelah era sebelumnya kita mengenal istilah social commerce.

Quick commerce sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan ecommerce yaitu sebuah platform perdagangan digital. Perbedaannya terletak pada jenis pengiriman. Seperti namanya, quick commerce menawarkan pengiriman kilat, yang mana pelanggan mungkin mendapatkan produk yang dibeli hanya dalam jangka paling lama 1-3 jam. Oleh karena itu, produk-produk yang dijual pada platform quick commerce bukanlah produk yang membutuhkan kemasan berlapis atau persiapan panjang sebelum dikirim. Biasanya produk-produk yang dijual pada platform ini bisa dibeli dalam jumlah sedikit dan barang-barang yang mudah dikirim seperti bahan makanan atau produk-produk rumah tangga. Produk-produk tersebut juga jenisnya adalah produk yang harus cepat diantar seperti makanan dan minuman.

Dua raksasa ecommerce, Tokopedia dan Shopee sudah memiliki layanan tersebut di dalam platform mereka. Walaupun di dalam platform yang sama, tapi proses check out nya tetap dibedakan antara produk yang dijual di quick commerce dan e-commerce biasa mereka.

Tokopedia NOW! yang hadir sejak akhir tahun lalu menjamin barang diantar maksimal 2 jam dengan ongkir yang normal (seringkali GRATIS) memiliki koleksi produk yang cukup lengkap terutama untuk groceries atau daily supplies. Walaupun garansi mereka 2 jam sampai, pengalaman saya dalam 1 jam pesanan Tokopedia NOW! saya sudah sampai.

Shopee ngga mau kalah, Shopee mempunyai layanan kilat bernama Shopee Express Instant. Durasi pengiriman maksimal tiga jam setelah diterima kurir.

Pemain Quick Commerce Bermunculan

tampilan astro das des

Contoh pesanan dari Astro – 22 menit sampai

Dari kejadian pandemi Covid-19, quick commerce kelihatannya akan menjadi sebuah kebutuhan baru. Kita ketika isoman di rumah pun tetap butuh membeli barang-barang rumah tangga dan bahan-bahan makanan, padahal kita tidak bisa datang ke supermarket. Belanja online pun menjadi prioritas sekarang. Cari dulu di online, pasti ada. Perubahan kebiasaan inilah yang rasanya akan menjadi salah satu alasan quick commerce akan lebih dicari oleh masyarakat. Apalagi mengingat pengirimannya yang kilat, konsumen pasti akan cenderung untuk memilih untuk mengunjungi platform quick commerce daripada e-commerce biasa.

Tidak heran, kini muncul startup baru yang fokus di bidang quick commerce ini. Sebut saja layanan dari ASTRO, startup yang baru launching akhir tahun lalu, yang menyediakan servis cepat untuk kebutuhan rumah tangga. Pengalaman saya menggunakan ASTRO, pesanan saya dikirim kurang dari 30 menit saja, dengan ongkos kirim GRATIS.

Apakah harga produk di platform quick commerce ini lebih mahal? Nggak juga, dari pengamatan saya di TokopediaNOW dan Astro, harga produk di platform mereka tidak jauh beda dengan harga di pasaran. Harga murah & pengiriman cepat, nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Kok bisa cepat?

Untuk bisa mengirim secara cepat dengan ongkos yang terjangkau, penyedia layanan quick-commerce harus didukung oleh lokasi gudang penyimpanan yang tepat. Sebagian besar platform quick commerce saat ini baru dapat digunakan di kota besar, dan mereka memiliki beberapa hub untuk dapat mencover layanan di kota tersebut, disesuaikan dengan kepadatan populasi dan demand di daerah tersebut.

Pada sistem quick-commerce, untuk memastikan semuanya berjalan lancar, pastinya semua informasi harus diproses secara online dan realtime. Supply management dan inventory system yang akurat dan reliable sangat diperlukan agar semua berjalan lancar. Di sinilah teknologi cloud diperlukan.

Yang cepat akan mengalahkan yang lambat

Benar kata pepatah bukan yang besar akan mengalahkan yg kecil, tapi yang cepat akan mengalahkan yang lambat. Inilah kunci untuk bertahan di era kompetisi yang das des sat set ini. Konsumen tidak mau lagi menunggu, mereka akan kabur ke toko yang bisa memberikan layanan cepat kepada mereka, apalagi kalau harganya lebih murah.

Untuk bisa cepat maka kita harus efisien, know your strength, gak ada lagi manual proses, and leverage your ecosystem.

Yuk bisa yuk das des sat set!

PS: Buat kalian yang mau coba aplikasi Astro, bisa pakai kode afiliasi “ARMC70” supaya kamu bisa dapat diskon 25ribu 😎

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Cerita Saya
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0