Editor choice

Bakmi Jon Sampit Melawai : Merawat Tradisi Keluarga

8.8Expert Score
Menurut saya:

Salah satu mie ayam gerobakan terenak di Jakarta

Rasa
10
Harga
10
Pelayanan
8
Kebersihan / Protokol Kesehatan
8
Akses
8
PROS
  • Harga murah
  • Tersedia porsi jumbo
CONS
  • Kalau lagi penuh, susah parkir

I make our family traditions a priority.

Martina McBride

Warung Bakmi Jon Sampit Melawai ini mungkin satu-satunya tempat makan yang wajib kami kunjungi sekeluarga sebulan sekali. Walaupun sekarang kami tinggal di jauh pinggiran Jakarta, setiap sebulan sekali kami sempatkan pergi ke Melawai hanya untuk makan Bakmi Jon ini. Habis itu, pulang lagi … Hehehehe. Hanya ketika badai COVID-19 kemarin itu, tradisi ini sempat terhenti. Dan alhamdulilah, sekarang tradisi makan di Jon Sampit kami ulangi kembali.

Sensasi makan mie di mobil

Sejak beberapa tahun  yang lalu, Bakmi Jon Sampit sudah pindah ke sebuah rumah, tidak jauh dari tempatnya semula, di pelataran parkir Bank BNI Melawai. Tak heran, dulu Bakmi Jon Sampit juga dikenal dengan nama Bakmi BNI.

Tempatnya jauh lebih nyaman dari lokasi sebelumnya. Saya pertama kali makan Bakmi Jon Sampit sekitar tahun 2000 dan waktu itu kalau duduk kami hanya makan di dingklik dan mangkok bakmienya dipegang dengan tangan kiri. Nah di tempat yang sekarang sudah lebih baik, sudah ada mejanya. Tapi karena kapasitasnya yang terbatas, apalagi kalau di jam makan siang, bisa jadi kamu tidak beruntung dan tidak mendapatkan meja. Namun tidak usah kuatir, kamu bisa makan di mobil, dan pesananmu akan diantarkan ke mobil dengan aman.

Sekarang juga sudah lumayan tertib untuk antrian pesanan, karena sudah ada petugas khusus yang mencatat pesanan kalian, jadi ketahuan first come first serve. Kalau dulu, harus  sering mengingatkan agar pesanan kita tidak terlupakan / disalip orang.

bakmi jon sampit

Makan mie ayam di mobil perlu keahlian tersendiri

Racikan bumbu dan sambal istimewa

Yang special dari Bakmi Jon Sampit ini adalah racikan bumbunya yang sederhana tapi gurih, kayaknya isinya hanya kecap ikan, bawang putih, dan garam. Ini sangat cocok bagi penikmat mie ayam gurih seperti saya. Untuk bahan mie nya sendiri sebenarnya biasa saja, menggunakan mie yang ada di pasaran, begitu juga dengan baksonya, tidak bikin sendiri.

Toppingnya terdiri dari potongan daging ayam dan jamur. Daging ayam nya putih, hanya dibumbui bawang putih dan garam. Bikin Bakmi Jon Sampit ini jadi semakin gurih. Kalau kamu memilih varian mie yamin, akan ditambahkan kecap manis ke dalam bumbunya. Menurut saya Bakmi Jon Sampit ini termasuk salah satu mie ayam gerobakan / warung terenak di Jakarta.

Ketika semangkok mie disajikan, segera aduk mie dan bumbunya dengan rata. Karena bumbu ada di bagian dasar mangkok, kalau tidak diaduk secara rata, maka nanti akan terasa sangat asin di suapan-suapan terakhir. Hati-hati jangan sampai tumpah, karena topping ayam dan jamurnya sangat berlimpah. Belum lagi potongan kerupuk pangsit nya, wah bikin makin susah diaduk.

mangkok bakmie jon

Penampakan Bakmi Jon Sampit Melawai

Jangan lupa tambahkan sambal sesuai selera anda. Saran saya jangan terlalu banyak, karena sangat pedas sekali. Sambalnya berupa sambal yang digoreng kering, terbuat dari rawit merah, jadi memang sangat pedas.

Kalau satu porsi Bakmi Jon Sampit dirasa tidak cukup, kamu juga bisa pesan porsi jumbo, yang kurang lebih isinya 1.5x dari porsi normal. Atau kalau tetap masih belum kenyang juga, di depan warung ini ada tukang kue tetek, yang rasa manisnya mungkin bisa menetralisir rasa gurih dari bakmie yang baru kamu makan.

Buka dari jam 7 pagi

Bakmi Jon Sampit buka dari jam 7 pagi sampai sekitar jam 4 sore, namun kalau weekend, biasanya mereka akan tutup lebih cepat. Saya pernah datang jam 2 siang sudah tidak kebagian apa-apa. Saran saya kalau untuk makan siang, datang jam 11.30 sebelum jadi ramai sekali.

Tradisi keluarga kami akan terus berulang, semoga Bakmi Jon masih selalu ada.

 

 

Tags:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Cerita Saya
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0