Empal Gentong Mang Darma Cirebon Benar-benar Makan di Gentong

8.8Expert Score
Menurut saya:

Sensasi makan empal gentong di gentong

Rasa
8
Harga
9
Pelayanan
9
Kebersihan / Protokol Kesehatan
10
Akses
8
PROS
  • Unik, makan di gentong
  • Banyak menu lain
CONS
  • Parkir lumayan sempit

Makanan legendaris dari Cirebon tersaji secara apik di restoran ini. Empal gentongnya benar benar disajikan dalam gentong yang membuat isinya jadi selalu hangat. Buat kalian yang belum tahu, empal gentong adalah makanan khas dari Cirebon, yang kalau dilihat sekilas mirip gulai. Empal gentong terdiri dari daging sapi (atau bisa juga dicampur jeroan) dimasak dengan kuah santan bumbu kuning. Untuk menambah selera, kamu bisa tambahkan bubuk cabai kering sebagai bumbu.

Dikutip dari laman https://empalmangdarma.com, Mang Darma memulai usahanya pada tahun 1947 , memulai usahanya dengan berjualan Empal Gentong berkeliling di cirebon, Dalam pembuatannya, empal dimasak dalam gentong dan menggunakan kayu bakar. Cara memasak dalam gentong tanah liat ini akan membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap.

Dengan keuletan usaha nya terus berkembang disekitar ditahun 80-an mulai menetap memiliki tempat sendiri yang berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro No 23 Dan Jalan Inspeksi No 7 Depan Stasiun Kejaksan yang sekarang diteruskan oleh anak ke 2 nya & Cicit nya sebagai generasi ke 3 dari Mang Darma.

empal gentong mang darma
Outlet Empal Gentong Mang Darma di Jalan Diponegoro Cirebon

Menu di Empal Gentong Mang Darma

Menu yang ditawarkan di restoran ini pun lumayan bervariasi selain empal gentong dengan bumbu rempahnya yang menggugah selera, ada juga empal asem bagi pecinta kesegaran dan bagi yang tidak menyukai atau menghindari santan. Selain itu Sate kambing muda , Sate Sapi, Nasi lengko serta Tahu gejrot khas cirebon pun tersedia disini.

Porsi empal gentongnya lumayan mengenyangkan, potongan dagingnya banyak. Kamu bisa pilih mau daging semua, atau dicampur jeroan, seperti usus, lemak dsb. Kuah santan empal gentongnya juga terasa mantap. Walau bagi saya rasanya lebih cocok dengan empal gentong Amarta. Tapi itu masalah selera aja sih.

Saya datang ke Empal Gentong Mang Darma ini pas jam makan siang, dan semua meja terisi penuh. Luar biasaa…

Tags:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Cerita Saya
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0